Kamis, 27 Oktober 2011

Instal custom ROM Huawei Ideos C8150 aka AHA Touch

      Akhirnya dapet mainan baru lagi setelah ngrayu" temen supaya hape ATAT mau di jadiin kelinci percobaan.... ehehehe *makasih Iantz_pw.
     Oke dah langsung saja kita praktikum. Jika kmu punya hape aha touch masih prawan alias orisinil n pengen utak atik ni hape mari kita belajar bersama. Normalnya orang klau punya hape itu bener" kita menguasai sepenuhnya hape itu tp untuk hape pake sistem operasi kadang" hape kita belum sepenuhnya jadi milih kita istilah kerennya masih "Unroot" agar kita bisa menjadi super user maka kita perlu me root hape kita. untuk proses rooting atat bisa menggunakan Z4root.

  • Proses Rooting
  1. download Z4root Disini masukan ke sdcard.
  2. Pada hape kamu aktifkan unknown source supaya kita bisa isntal Z4root nya (setting-application-centrang unknown source) dan aktifkan usb debugging (setting-application-development-centrang usb debugging).
  3. Buka file manager atau apa lah ES file explorer jg bisa terus instal Z4root.
  4. Tunggu hingga proses instalasinya selesai. Jalankan Z4root, akan ada dua pilihan yaitu temporary root dan permanent root. Jika kita memilih temporary maka akan hilang setelah kita rertart, pilih saja yang permanent tunggu hingga proses instalasi selesai. Untuk mengetahui apakah hape kita sudah berhasil di root, lihat pada menu jika sudah ada icon menu superuser maka hape kita sudah di root.
     Setelah atat kita belejar melakukan rooting kini kita melaju ke tahap selanjutnya, yaitu ganti rom ori kita dengan custom rom. Pertama yang harus kita lakukan yaitu instal costum recovery terlebih dahulu, agar kita bisa menginstal rom melalui sdcard.

  • Proses Instal Custom Rom
  1. Download driver atat (jika komputer tidak bisa mengenali hape kita) Disini
  2. Download Tools recovery Disini
  3. Download Custom recoverynya, disini saya memakai ultrajack. Disini
  4. Matikan hape kemudian masuk ke fastboot mede (Tekan End call + volume down + power). Ciri-ciri fastboot mode atat muncul 5 gambar orang tanpa tulisan apapun.
  5. Hubungkan hape dengan komputer, akan muncul satu driver baru, jika tidak ada bisa pake driver yg kita download tadi.
  6. Setelah tools recovery di ekstrak, masukan ultrajack recovery.img jika di dalam folder tools sudah ada bisa di pindah dan ganti dengan ultrajack yang kita download tadi.
  7. Didalam Folder tools tadi ada file dengan nama install-recovery-windows.bat jika anda pake sistem operasi windows jalankan file itu.
  8. Tunggu hingga selesai paling lama nda sampai lima detik. Kemudian restart hape, atau klau nda mau restart bisa cabut batrai.
  9. Untuk mengetahui apakan kita sudah berhasil instal recovery kita bisa melihatnya dengan cara, matikan hape kemudian masuk ke recovery mode (Tekan tombol call + volume up + power).
     Jika kita sudah punya custom recovery kita bisa menginstal custom rom melalui sdcard.

  • Proses Instal Custom Rom
  1. Download custom rom, disini saya memakai ANDRO-ID Final v2.2
  2. Download karnel, anda bisa pilih sesuai kebutuhan. Disini
  3. Matikan atat dan masuk ke recovery mode (Tekan tombol call + volume up + power).
  4. Pilih partition sdcard, pilih angka untuk swap (saran si pilih yang paling gede) kemudian pilih angka untuk ext2 (pilih yg paling gede juga, dengan ratio setengah dari kapasitas sdcard contoh jika sdcard kita 2gg maka swap isi 256 dan ext isi 1024 atau 1gg).
  5. Setelah proses selesai balik kemenu utama dengan menekan volume down. Hubungkan hape dengan komputer dan pilih USB-MS Toggle, kemudian copy kan rom kedalam sdcard (rubah namanya jadi rom.zip) dan karnelnya (rubah namanya jadi karnel.zip). Setelah selesai tekan trackball untuk memutuskan koneksi dan cabut kabelnya.
  6. Pilih menu wipe-wipe all data/factory.
  7. Pilih menu flash zip from sdcard--choose zip from sdcard--pilih rom yang akan di instal yg tadi kita beri nama rom.zip, tunggu hingga proses complit kemudian balik kemenu utama tekan volume down.
  8. Pilih menu flash zip from sdcard--choose zip from sdcard--pilih karnel yang tadi kita beri nama karnel.zip tunggu hingga proses selesai kemudian balik kemenu utama tekan volume down.
  9. Pilih reboot system now, tunggu kira" tiga menitan sampai hape siap digunakan.

5 komentar:

  1. gan, ane stuck nih di step 4 proses instal custom rom. ane gatau gimana caranya masuk ke fastboot mode, hape ane Huawei Acend Y210, masalahnya ga ada tombol end call-nya, adanya cuman tombol volume ama power...
    mohon pencerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini kan beda model mas, mungkin karena beda model jadi stuck

      Hapus
  2. maaf gan biasanya proses partisi sdcardnya berapa lama,, saya sudah berjam2 kenapa ga selesai juga yaaah,, saya pakai sdcardnya 4gb , lalu sya kasih swap 512 dan ext2nya 2058 gtu deh,, tap sdah berjam2 ga selesai2,, mohon solusi dan pencerahannya saudara,, terimakasih ditungguh yaah saudara

    BalasHapus
  3. gan ...ane pnya huawei u8150 udah q root tp mau instal format zip kok sd card nya gk kebaca...mohon solusinya gan mkch.....

    BalasHapus
  4. ngikutin yg ini malah bootloop , hadeh

    BalasHapus

anda sopan kami ramah