Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara Ganti Boot Animation Nexian Journey

Bagi temen" yang pengen ganti boot animation nya dengan bikinan sendiri bisa ikutin langkah berikut, saya rangkumkan dari beberapa tutorial yang ada. Sebenarnya cara ganti boot animation ini bisa dipake di HH android mana pun, tidak hanya junet cuma letak penyimpanan boot animationnya aja yg kadang agak beda dikit. Oke langsung aja kita kemon............

Yang mesti disiapin

  1. Notepad++ <<< Cari aja lewat mbah google.
  2. Gambar yang akan dipake dengan format .png (ukuran gambar disesuaikan dengan ukuran layar, klau junet ukuranya 320 x 480 pixel).
  3. Winzip atau 7zip (saran si pake 7zip).
Langkah langkah pembuatan
  • Pertama siapkan dua buah folder dengan nama part0 dan part1 serta file txt dengan nama desc.txt (folder boleh lebih dari dua, asalkan penamaanya urut. Biasanya isi folder part0 akan di tayangkan sekali dan isi folder part1 yang akan ditayangkan berkali kali, settingan ini bisa dirubah di desc.txt jika folder lebih dari satu).
  • Beri nama gambar yang akan kita gunakan sesuai urutan nomer. (sebaiknya penamaan gambar lebih dari lima karakter) contohnya : img-0001.png, img-0002.png, img-0003.png, dan seterusnya.
  • Masukan gambar kedalam folder masing masing sesuai yang akan anda tampilkan.
  • Folder part0 untuk animasi yang tidak diulang.
  • Folder part1 untuk animasi yang akan diulang ulang (nama isi dari part1 harus kelanjutan dari part0, misalnya nama gambar terakhir part0 adalah img-0055 maka nama gambar part1 harus dimulai dengan img-0056, img-0057, dan seterusnya).
  • Kemudian buka file desc.txt yang telah kita buat tadi, lalu isikan seperti berikut
  • Maksud dari isi file di atas adalah
  1. 320 = adalah lebar ukuran layar kita.
  2. 480 = adalah panjang ukuran layar kita.
  3. 10 = kecepatan loding frame per detik (makin gede makin cepet).
  4. P 1 0 part0 = seluruh file gambar part0 tidak akan diulang sehabis ditampilkan. Angka 1 berarti hanya satu kali bagian itu akan diulang.
  5. P 0 0 part1 = seluruh file gambar part1 akan diulang terus sampai boot animation selesai. Angka 0 berarti bagian itu akan diulang terus menerus. Kemudian disimpan.
  • Sekarang kita tinggal membuat atau mengkompres menjadi file zip. Blok folder part0, part1 dan file desc.txt kemudian klik kanan pilih add to archive. Maka akan muncul seperti gambar berikut.
  • Beri nama file tersebut dengan = bootanimation.zip, dibawah tulisan archive dan pada archive format isikan dengan format zip serta pada compression level isikan store lalu klik tombol oke.
  • Yang perlu diperhatikan jangan taruh folder part0, part1 dan file desc.txt didalam folder lagi, tetapi diluar baru diblok dan dikompres jadi klau kompresnya diekstrak maka akan langsung muncul folder part0, part1 dan file desc.txt.
  • Setelah file bootanimation nya jadi cara memasukannya ke junet, yang perlu diperhatikan
  1. Junet harus sudah di root.
  2. Punya aplikasi root explorer.
  3. Jangan lupa backup file bootanimation.zip yang asli
  4. SETIAP DEVICE LOKASI bootanimation.zip NYA BERBEDA, TERGANTUNG ROM YANG DIGUNAKAN
  5. JANGAN LUPA BERDOA sesuai agama masing".
  • Buka aplikasi root explorer masuk ke /system/media/ , disitu ada file bootanimation.zip yang sedang kita gunakan kemuadian replace atau gantika dengan bootanimation.zip kita yang baru (jangan lupa yang lama disimpen atau di backup dulu).
  • Kemudian reboot junet. Tarangggggg........ jika sukses maka boot animation kita berubah dengan bot animation kita yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

anda sopan kami ramah